Alam Tara


 Kapan diperbolehkan berbohong
v  Seseorang berbohong dalam peperangan kerena peperangan itu tipu daya
v  Seseorang berbohong terhadap istrinya untuk menyenangkannya
v  Seseorang berbohong kepada dua orang yang bermusuhan untuk mendamaikannya (Haris)
Kapan sebuah desa atau kampung hancur

D
iriwayatkan dari Ibnu majah dan Ad- Dailani dari abu hurairah, Rasulullah saw bersabda “ Di saat terjadinya perampasan ayam-ayam oleh orang-orang kaya, maka binasalah orang-orang kafir dan ( di saat itu ) Allah mengizinkan hancurnya desa itu”.
Ibnu Hazm juga meriwayatkan dengan redaksi ynag berbeda” Ayam-ayam itu kambingnya orang-orang kafir umatku, sedang jum’at merupakan haji mereka”. Maksud dari hadis ini adalah perampasan ayan dan hewan ternak oleh orang-orang kaya merupakan petanda kehancuran sebuah desa, sebabpadasaat itu, orang kaya telah menganiayaorang lemah.(Hasan)


Bintik-bintik pada wajah
B

intik-bintik pada wajah adalah suatu hal yang menyebabkan wanita menjadi gelisah, khawatir dan cemas padaa kecantikannya.  Bintik-bintik ini muncul pada musim panas, dimana temperatur udara bertambah panas.
Warna bintik-bintik ini , akan berbeda beda sesuai dengan  perbedaan warna kulit. Bagi ynag berkulit putih bintiknya berwarna cokelat pucat dan yang berkulit cokelat bintiknya berwarna cokelat delap kehitam-hitaman.
Pada umumnya bintik-bintik ini tampak di kedua pipi, hidung dan ening. Kadang-kadang di bibiratau kelopak mata, tetapi tidak disertai dengan gejala-gejala apapu juga. Misalkan gatal-gatal atau kemerah merahan, semakin sering terkena sinar matahari , maka warnanya pun akan semakin bertambah.
Sebab muncul bntik-bintik  tersebut kerena aktivitas berlebihan dari sebagian sel-sel kulit berwarna yang memproduksi sebagian besar zat melanin , yaitu zat yang memberi warna hitam pada kulit dan rambut. Tapi faktor yang terpenting sebaba munculnya bintik-bintik itu adalah :
Ø  Alat-alat kosmetik, alat-alat koemetik sebagian besar mengandung zat-zat yang bisa mengakibatkan infeksi kulit ketika langsung berhadapan dengan sinar matahari
Ø  Wanita yang sering mengonkumsi obat-obat pencegah kehamilan
Ø  Obat-obatan, sebagian besar obat-obatan  bisa mengakibatkan bertambahnya bintik-bintik
Ø  Kondisi kesehatan dan kejiwaan. Ketika telalu sering bekerja keras, kurang tidur, dan bargadang, akan muncul bintik-bintik di kelopak mata
Pencegahan dan Pengobatan
*      Para wanita yang mengalami bintik-binitk, ia harus mengurangi terkena langsung dengan cahaya matahari untuk waktu yang lama
*      Tidur dan istirahat yang cukup serta menghindai  bergadabg waktu yang lama
*      Berhenti memakai alat-alat kosmetik yang menyebabkam kulit menjadi sensetif dengan cahaya matahari
*      Bagi wanita yang mengkonsumsi obat-obat pencegah kehamilan dan telah menyebabkan bintik-bintik muncul, maka hendanya memekai alternatif lain untuk mencegah kehamilan.(Miftah)


Mahalnya harga sehat

B
enar kata orang bahwa “ sehat itu sangat mahal  harganya”  sehat itu tak bisa dinilai dengan rupiah. Berapa pun banyaknya harta yangkita miliki, agaknya tak dapat menggantikan nikmat sehat.
Sehat itu menjadi hal yang sangat penting dalam kehidupan kita. Bagaimanapun banyaknya aktivitas yang menumpuk maka aknan terselesaikan jika kita sehat, tapi bagaimanapun ringannya aktivitas tapi kondisi badan nggak sehat, maka akan terasa berat menyelesaikannya. Jangan heran, pulihan juta bahkan ratusan juta bisa melayang demi membayar sebuah nilai sehat .
Mahalnya sebuah kesehatan  itu tak dapat kita lihat dengan banyaknya orang kaya yang berobat keluar negeri,meski tarif pengobatannya selangit, mereka tidak peduli. Dalam kondisi binggung dan panik, orang berobat tak lagi memekirkan soal rupiah yang akn dikeluarkan, yang ada hanya bagaimana caranya bisa sembuh.
Tidak heran banyakorang  menilai bahwa apalah artinya banyak uang, jika tida bisa menikmati mahalnya sebuah kesehatan, apaplah artinya gelimang harta dan kemewahan, sementara kita hanya bisa memendangi tanpa bisa memamfaatkannya lantaran kita sakit.
Tak saalah bila kita dalam pengajian domanapun berada, khatif dan ustadz dan da’i selalu mewanti-wanti agar kita selalu bersyukur terhadap nikmat yang Allah berikan kepada kita, maka selagi sehat, kita mamfaatkan nikmat sehat itu untuk jalan yang diridhai Allah swt.
Dengan mata, kita bukan saja bisa melihat sesuatu ynag baik dan menjauhkan diri dari hal-hal yang berbau dosa, tetapi juga tidak tutup mata saat melihat banyaknya orang ynag kelaparan kerena kemiskinan. Dengan tangan , bukan saja digunakan untuk memekirkan untuk belajar, mengkaji Al quran , tetapi juga  ringan tangan mengulurkan bantuan kepada siapapunyang membutuhkan bantuan.
 Demikian pula dengan kaki, punggung dan kepala, bukan saja dipergunakan  untuk hal-hal yang sifatnya ibadah yang sanagt personal, melainkan juga untuk kemaslahatan umat yang jauh lebih besar, otak bukan saja digunakan  untuk memkirkan bagaimana memutar usaha pribadi,  tetapi bagaimana gagasan dan sumbangsih kita bisa berarti bagi orang banyak.
Sykurilah nikmat sehat, kerena orang yang pandai bersykur disukai Allah, dan orang yang mengingkarinya mendapat azab yang pedih.(Idim)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar