JENIS EDISI I/DESEMBER 2011


JeNis (Jendela Inspirasi) Edisi I/Desember 2011
 


                               
                                                                                               
               
Thomas Alfa edilson

Kenapa orang pengen kaya

Pandangan

Mahalnya harga sehat
Haruskah kita bercerai

Bintik-bintik pada wajah
Teman-teman Syetan

Pendidikan
Allahu Akbar vs Alhamdulillah

Nasehat Hatim Al Ashim
Menggali kreatifitas di atas keterbatasan
                               

TIM REDAKSI

Penerbit & Pendiri:
SEMA STIQ AMT
Penasehat & Pembina:
H. Nasrullah Atha, Lc
Pimpinan umum & redaksi: Ahmad Dimyati
Editor & Layout:
M.Haris Z
Hasan Basri M
Staf redaksi:
Miftah F.
Muhammad
A.Rifani
M.Haris Suhud
Keuangan:
Fathurrahman
Distributor:
Hasan Basri
M. Haris Z
Ahmad Dimyati
Alamat Redaksi:
Kantor Jen-Is

Daftar Inspirasi

Daftar Inspirasi                         2
Muqaddimah                            3
Tokoh                                         5
Pandangan                                8
Nasehat                                   10
Hikmah                                    11
Ketika Hati Berbicara             12
Alam Tara                                13
Pendidikan                              18
Tafakkur                                  20
Profil                                        22
Kenapa Pengin kaya               21
Cerpen                                     25
Curhat                                      27
Hymne STIQ                            31
Komentar Mereka                  32

 










MUQADDIMAH
 



T
MENGGALI INSPIRASI ERA MODERN
iada terasa tahun 1432 Hijriyah telah berlalu dari kehidupan kita berganti tahun baru 1433 Hijriyah. Sebagai insan yang mukmin, kita mesti menyikapi peralihan periode ini sebagai pengingat betapa diri kita kian menua dan harus lebih matang lagi dalam berprilaku, menyikapi masalah dan mengambil keputusan. Merayakan tahun baru boleh saja, asalkan sesuai dengan aturan syariat dan tidak melupakan esensi tahun baru sebagai wahana koreksi diri. Seyogiyanya kita bisa mereguk makna hijrah, yakni perjalanan panjang baginda Rosulullah SAW dari mekkah ke madinah yang penuh aral melintang dan suasana mencekam yang belakangan menginspirasi lahirnya tahun Hijriyah.
Tahun baru 1432 Hijriyah yang baru saja meninggalkan kita semua sebenarnya telah banyak memberikan inspirasi yang sudah seharusnya kita jadikan pelajaran untuk menjalani tahun yang kini telah membukakan pintu gerbangnya untuk kita semua. Tahun 1432 H yang kini telah banyak meninggalkan jejak bagi kita semua, entah itu jejak yang berkesan kelabu ataupun jejak yang memberikan senyuman. Semua itu tak ayal membuat kita bersedih mengingat begitu banyaknya kesalahan yang telah kita lakukan bahkan tidak juga membuat kita tersenyum lebar untuk mengenang kesuksesan yang telah tercapai.
Namun kita tidak boleh berlarut-larut dalam kesedihan ataupun kebahagiaan, mengingat era baru harus kita songsong dengan optimisme tinggi bila kita hendak meraih kesuksesan. Semangat itulah yang membuat kami semua dari rekan-rekan JenIs mampu memberikan karya perdananya yakni sebuah inspirasi yang kami bernama JENDELA INSPIRASI ( JenIs ) untuk membuka dan memberikan inspirasi-isnpirasi terbaru buat sahabat-sahabat semua dimana pun berada.
Dan juga kami semua rekan redaksi Jen-Is mengucapkan ribuan terimakasih kepada Senat Mahasiswa (SEMA) STIQ Amuntai yang mana telah menjadi penanggung jawab penuh atas terbitnya majalah JeNis ini dan juga telah memberikan dukungannya, baik dari segi Moril, Materi dan sebagainya, selain itu pula kami juga senantiasa berharap majalah JeNis ini bisa senantiasa Exis dan senantiasa memberikan manfaat bagi sahabat-sahabat pembaca sekalian. (Hasan Basri M)

 RASULULLAH s.a.w telah bersabda yang bermaksud: "Bacalah  surah Yassin kerana ia mengandungi keberkatan", iaitu:
 1.
Apabila orang lapar membaca surah Yassin, ia boleh menjadi  kenyang.
 2. Jika orang tiada pakaian boleh mendapat pakaian.
 3. Jika orang belum berkahwin akan mendapat jodoh.
 4. Jika dalam ketakutan boleh hilang perasaan takut.
 5. Jika terpenjara akan dibebaskan.
 6. Jika musafir membacanya, akan mendapat kesenangan apa yang dilihatnya.
 7. Jika tersesat boleh sampai ke tempat yang ditujuinya.
 8. Jika dibacakan kepada orang yang telah meninggal dunia,  Allah meringankan siksanya.
 9. Jika orang yang dahaga membacanya, hilang rasa hausnya.
 10. Jika dibacakan kepada orang yang sakit, terhindar  daripada penyakitnya.
 11. Rasulullah s.a.w bersabda: "Sesungguhnya setiap sesuatu  mempunyai hati dan hati al-Quran itu ialah Yassin. Sesiapa membaca surah  Yassin,nescaya Allah menuliskan pahalanya seperti pahala membaca al-Quran  sebanyak 10 kali.
 12. Sabda Rasulullah s.a.w lagi, "Apabila datang ajal orang  yang suka membaca surah Yassin pada setiap hari, turunlah beberapa  malaikat berbaris bersama Malaikat Maut. Mereka berdoa dan meminta dosanya  diampunkan Allah, menyaksikan ketika mayatnya dimandikan dan turut menyembahyangkan jenazahnya".
 13. Malaikat Maut tidak mahu memaksa mencabut nyawa orang yang suka membaca Yassin sehingga datang Malaikat Redwan dari syurga membawa minuman untuknya.Ketika dia meminumnya alangkah nikmat perasaannya
 dan dimasukkan ke dalam kubur dengan rasa bahagia dan tidak merasa sakit ketika nyawanya diambil.
 14. Rasulullah s.a.w bersabda selanjutnya: "Sesiapa bersembahyang sunat dua rakaat pada malam Jumaat, dibaca pada rakaat pertama surah Yassin dan rakaat kedua Tabaroka, Allah jadikan setiap huruf cahaya dihadapannya pada hari kemudian dan dia akan menerima suratan amalannya ditangan kanan dan diberi kesempatan membela 70 orang daripada ahli rumahnya tetapi sesiapa yang meragui keterangan ini, dia adalah orang-orang yang munafik.   Sesiapa yang menerima mesej ini tolong forwardkan kepada teman seagama yang lain.


TOKOH
Thomas Alfa Edilson
P
enemu serba bisa Thomas Alva Edison lahir tahun 1847 di kota Milan, Ohio, Amerika Serikat. Cuma tiga tahun dia peroleh pendidikan formal, sesudah itu disepak keluar sekolah karena si guru menganggap anak ini dungu luar biasa.

Cipta-an pertamanya, perekam suara elektronik dibikinnya tatkala umurnya dua puluh satu tahun. Hasil karyanya itu tidak dijualnya. Sesudah itu dia me-nekuni pembikinan peralatan yang diharapnya bisa laku ter-jual di pasar, tak lama sesudah dia berhasil membikin perekam suara elektronik, dia menemu-kan dan menyempurnakan mesin telegram yang secara otomatis mencetak huruf, yang dijualnya seharga 40.000 dolar, suatu jumlah besar pada saat itu. Sehabis itu, bagaikan antri dia menemukan hasil karya baru dan dalam tempo singkat Edison bukan saja masyhur tetapi juga berduit. Mungkin, penemuannya yang paling asli adalah mesin piringan hitam yang dipaten-kannya tahun 1877. Tetapi, lebih terkenal di dunia dari itu adalah pengembangan bola lampu pijar yang praktis tahun 1879.

“Sukses adalah bangkit lebih banyak 1 kali dari pada gagal” (Haris)

 


Edison juga memberi sumba-ngan besar luar biasa buat perkembangan kamera perfilm-an serta proyektor. Dia mem-buat penyempurnaan penting pertilponan (karbon transmit-ternya meningkatkan kejelasan pendengaran), penyempurnaan di bidang telegram, dan mesin tik. Diantara penemuan lainnya antara lain mesin dikte, mesin kopi dan tempat penyimpanan yang digerakkan baterei. Boleh dibilang, Edison merancang le-bih dari 1000 penemuan, suatu jumlah yang betul-betul tak masuk akal.
Satu sebab produktivitasnya amat mengherankan adalah ka-rena pada awal-awal kariernya dia membangun sebuah labo-ratorium penyelidikan di Menlo Park, New Jersey. Di situlah dia menghimpun kelompok pem-buat yang berkemampuan mem-bantunya. Ini adalah cikal bakal sebuah laboratorium penye-lidikan yang kemudian ditiru oleh begitu banyak industri. Laboratorium pemula Edison yang modern, suatu pusat pe-nyelidikan yang berperalatan lengkap di mana begitu banyak orang bekerja bersama merupakan suatu team, adalah pula hasil karyanya yang penting, meskipun tentu saja sesuatu yang tidak bisa dia patenkan.
Hampir sepenuh masa hidupnya, Edison menderita pendengaran lemah. Tetapi, meski begitu, dia lebih dari sekedar dapat mengatasi hambatan itu dengan kerja kerasnya yang me-ngagumkan. Tak ada per-selisihan paham mengenai bakat Edison. Tiap orang sepakat bah-wa dialah penemu besar yang genius yang pernah hidup. Ba-risan penemuan-penemuannya yang amat bermanfaat dianggap menggemparkan dan membikin dengkul menggigil, meskipun mungkin saja sebagiannya di-kembangkan oleh orang lain dalam tempo tiga puluh tahun. Namun, bila kita perhatikan penemuan-penemuan pribadi-nya, akan tampak oleh kita bahwa tak satu pun daripadanya punya arti penting yang ber-sifat menentukan. Misalnya bo-la pijar, walaupun digunakan secara luas, bukanlah barang yang tak tergantikan dalam dunia modern. Fakta menun-jukkan, penerangan yang berasal dari radiasi dan keluar terpencar dalam bentuk caha-ya, yang bekerja atas dasar prinsip-prinsip ilmiah yang se-penuhnya berbeda, juga digu-nakan orang secara luas, dan dalam kehidupan kita sehari-hari tidaklah ada bedanya apabila kita tidak menggunakan bola lampu pijar samasekali. Sesungguhnya, sebelum pe-nerangan listrik digunakan, lilin, lampu minyak, dan lampu gas sudah secara umum dipandang sebagai kadar penerangan yang memuaskan.
Tetapi, kendati tak satu pun hasil penemuan Edison memiliki arti penting yang meng-gemparkan, berguna juga untuk diingat bahwa dia tidak cuma menciptakan satu alat, tetapi lebih dari seribu. Atas dasar pertimbangan inilah saya me-nempatkan Edison lebih tinggi ketimbang penemu termasyhur seperti Guglielmo Marconidan Alexander Graham Bell. (100 Tokoh Berpengaruh/Idim) 

Dan sesungguhnya Kami jadikan untuk (isi neraka Jahannam) kebanyakan dari jin dan manusia, mereka mempunyai hati, tetapi tidak dipergunakannya untuk memahami (ayat-ayat Allah) dan mereka mempunyai mata (tetapi) tidak dipergunakannya untuk melihat (tanda-tanda kekuasaan Allah), dan mereka mempunyai telinga (tetapi) tidak dipergunakannya untuk mendengar (ayat-ayat Allah). Mereka itu sebagai binatang ternak, bahkan mereka lebih sesat lagi. Mereka itulah orang-orang yang lalai.”  (QS Al-A’raaf, 7:179)

 



Pandangan
Ghadldlul Bashar

S

Tundukan pandangan
alah satunya yang membuat hati ini semakin membusuk, kotor dan keras membatu adalah tidak pandainya kita menahan pandangan. Barang siapa yang ketika di dunia ini tidak mahir menahan pandangan, gemar melihat hal-hal yang diharamkan Allah, maka jangan terlalu berharap dapat memiliki hati yang bersih. Umar bin Khattab pernah berkata, "Lebih baik aku berjalan di belakang singa daripada berjalan di belakang wanita." Orang-orang yang sengaja mengobral pandangannya terhadap hal-hal yang tidak hak bagi dirinya, tidak usah heran kalau hatinya lambat laun akan semakin keras membatu dan nikmat iman pun akan semakin hilang manisnya.
Sebenarnya bukan hanya mengumbar pandangan terhadap lawan jenisnya, melainkan juga orang yang matanya selalu melihat dunia ini. Melihat sesuatu yang tidak ia miliki : rumah orang lain yang lebih mewah, mobil orang lain yang lebih bagus, atau uang orang lain yang lebih banyak. Hatinya lebih bergejolak memikirkan hal-hal yang tidak dimilikinya daripada menikmati apa-apa yang dimilikinya..
Karenanya kunci bagi orang yang memiliki hati yang bening adalah tundukkan pandangan! Mendapati lawan jenis yang bukan muhrim, cepat-cepatlah tundukkan pandangan. Kalau melihat dunia jangan sekali-kali melihat ke atas. Akan capek kita jadinya, karena rizki yang telah menjadi hak kita tidak akan kita dapatkan. Lebih baik lihatlah ke bawah. Tengoklah orang yang lebih fakir dan lebih menderita daripada kita. Lihatlah orang yang jauh lebih sederhana hidupnya. Semakin sering melihat ke bawah, subhanallah, hati ini akan semakin dipenuhi oleh rasa syukur dibanding dengan orang yang suka menengadah ke atas.
Kalaupun kita akan melihat ke atas, tancapkan pandangan kita ke yang Mahaatas sekaligus, yakni kepada Zat Penguasa alam semesta. Allahu Akbar! Lihatlah Kemahakuasaan-Nya, Allah Mahakaya dan tidak pernah berkurang kekayaan-Nya walaupun selalu kita minta sampai akhir hayat. Orang yang hanya melihat ke atas dalam urusan dunia, hatinya akan cepat kotor dan hancur. Sebaliknya, kalau tunduk dalam melihat dunia dan tengadah dalam melihat keagungan serta kebesaran Allah, maka tidak bisa tidak kita akan menjadi orang yang memiliki hati bersih yang selamat.
Buya Hamka (alm) pernah berkata, "Mengapa manusia bersikap bodoh? Tidakkah engkau tatap langit yang biru dengan awan yang berarak seputih kapas? Atau engkau turuni ke lembah sehingga akan kau dapatkan air yang bening. Atau engkau bangun di malam hari, kau saksikan bintang gemintang bertaburan di langit biru dan rembulan yang tidak pernah bosan orang menatapnya. Atau engkau dengarkan suara jangkrik dan katak saling bersahutan. Sekiranya seseorang amat gemar memandang keindahan, amat senang mendengar keindahan, niscaya hatinya akan terbebas dari perbuatan keji. Karena sesungguhnya keji itu buruk, sedangkan yang buruk itu tidak akan pernah bersatu dengan keindahan."
Berbahagialah orang yang senang melihat kebaikan orang lain. Tatkala mendapatkan seseorang tidak baik kelakuannya, ia segera mahfum bahwa manusia itu bukanlah malaikat. Di balik segala kekurangan yang dimilikinya pasti ada kebaikannya. Perhatikanlah kebaikannya itu sehingga akan tumbuh rasa kasih sayang di hati. Mendengar seseorang selalu berbicara buruk dan menyakitkan, segera mahfum. Siapa tahu sekarang ia berbicara buruk, namun besok lusa berubah menjadi berbicara baik. Karenanya, dengan mendengarkan kata-kata yang baik-baiknya saja, niscaya akan tumbuh rasa kasih sayang di hati.
Jalaluddin Rumi pernah berkata, "Orang yang begitu senang dan nikmat melihat dan menyebut-nyebut kebaikan orang lain bagaikan hidup di sebuah taman yang indah.
 Ke sini anggrek, ke sana melati. Pokoknya kemana saja mata memandang yang nampak adalah bebungaan yang indah dan harum mewangi. Dimana-mana yang terlihat hanya keindahan. Sebaliknya, orang yang gemar melihat aib dan kejelekkan orang lain, pikirannya hanya diselimuti dengan aneka keburukan sementara hatinya hanya dikepung dengan prasangka-prasangka buruk. Karenanya, kemana pun matanya melihat, yang tampak adalah ular, kalajengking, duri, dan sebagainya. Dimana saja ia berada senantiasa tidak akan pernah dapat menikmati indahnya hidup ini."
Sungguh berbahagialah orang yang pandai memelihara pandangannya karena ia akan senantiasa merasakan nikmatnya kebeningan hati. Allah Azza wa Jalla adalah Zat Maha Pembolak-balik hati hamba-Nya. Sama sekali tidak sulit baginya untuk menolong siapapun yang merindukan hati yang bersih dan bening sekiranya ia berikhtiar sungguh-sungguh. Allahu’alaM.***(Idim)

Ibnu Mas’ud berkata”Apabila kamu merasa kagum dengan wanita, ingatlah kejelekan-kejelekannya

 




Nasehat ampuh
Nasehat dari Hatim Al Asham




S
uatu hari, Hatim Al Asham ditanya oleh sahabatnya, Syaqiq Al Baqi, semoga Allah merahmati keduanya,
“Kau telah bersahabat denganku selama 30 tahun, apa yang kau dapatkan selama ini?????” Tanya Syaqiq.
Jawab Hatim.
Setiap manusia bisa berubah setiap saat
tapi sayang, tidak semua manusia siap
untuk berubah setiap saat.
“Kuamati kehidupan manusia, kudapati setiap manusia memeliki kecintaan dan kesayangan, dari beberapa kecintaan itu, ada yang menemaninya sampai pada sakit yang menyebabkan kematian, dan ada yang mengantarkannya sampai ke pekuburan, setelah itu mereka semua pergi mening-galkannya seorang diri, tidak ada satupun yang bersedia mene-maninya masuk ke dalam kubur. Sebaik-baik kecintaan adalah yang mau menemani seseorang di dalam kubur dan menemaninya, Aku tidak mendapatkan yang demikian itu kecuali Amal shaleh. Oleh kerena itu, kujadikan amal shaleh sebagai kecintaanku agar dapat menjadi pelita di dalam kubur, menghiburku dan tidak meninggalkanku seorang diri.”



                                                              HIKMAH
                                        
“Jika kita pengen menggapai bercita-cita,
tapi kita lari dari sebuah ujian, rintangan dan liku-liku yang menghalangi  untuk menggapai cita-cita tersebut.
Maka jangan harap cita-cita kita tercapai dan mustahil cita-cita kita tercapai.
(Ahmad Dimyati)
“Kalau kamu membatasi pilihanmu hanya pada hal hal yang kelihatannya mungkin atau masuk akal dilakukun, berarti kamu nggak benar benar mengejar apa yang kamu inginkan, dan yang tertinggal hanyalah kompromi.”
(- ROBERT  FRITZ -)
Bakatmu diberikan buat digunakan, bukan untuk disembunyikan, apa gunanya jam matahari kallau disimpan di tempat yang gelap.”
( - BENJAMIN FRANKLIN -)
“ORANG YANG TIDAK PERNAH MEMBUAT KESALAHAN BERARTI TIDAK PERNAH MENCOBA HAL HAL BARU.”
(- ALBERT  EINST)
Semua orang punya potensi masing-masing, tapi kerena sifat malaslah sehingga potensi tersebut tidak melekat pada dirinya
(Ahmad Dimyati)
KETIKA HATI BICARA
EPISODE KAMU TENTANG AKU
Berkali ku pergi
Beratus kali kau panggil
Beribu ku ingkari
Berjuta kau beri

Aku,  padahal hanya
Seonggok daging
Yang bahkan tak nyaman
diriku bisa terhidang sempurna

Aku barang kali hanya nikmati
Nyawa tanpa tahu menjaga
Tapi kau...?
Sungguh kasih-Mu begitu indah
Tuk aku yang tak punya malu

Eka Dirna
Dalam Hamasa-Mu





BADAI TERBERAI
Masih kulihat airmata itu Berserai menderai, basahi pipi yang seharusnya jadi penyejuk bumi
Masih kulihat sinar itu, tapi kenapa begitu garang, begitu panas....bakar  tubuh padahal aku tak di arafah
Masih kulihat sosok karang itu, tegar kenapa tak lagi tegar, kanapa goyah saat gelombang menerjang, padahal badai masih jauh dipenghantar
Aku rindu   Damai! Teriakmu aku butuh kesejukan! Rintihmu aku ingin cinta ibamu menderai
Ah.. aku rindu damai....kali ini bisikmu terlatih, aku ingin cinta......diammu kelu, kemudian terbujur kaku
Eka Dirna

















ALAM TARA

 Kapan diperbolehkan berbohong
v  Seseorang berbohong dalam peperangan kerena peperangan itu tipu daya
v  Seseorang berbohong terhadap istrinya untuk menyenangkannya
v  Seseorang berbohong kepada dua orang yang bermusuhan untuk mendamaikannya (Haris)

Kapan sebuah desa atau kampung hancur

D
iriwayatkan dari Ibnu majah dan Ad- Dailani dari abu hurairah, Rasulullah saw bersabda “ Di saat terjadinya perampasan ayam-ayam oleh orang-orang kaya, maka binasalah orang-orang kafir dan ( di saat itu ) Allah mengizinkan hancurnya desa itu”.
Ibnu Hazm juga meriwayatkan dengan redaksi ynag berbeda” Ayam-ayam itu kambingnya orang-orang kafir umatku, sedang jum’at merupakan haji mereka”. Maksud dari hadis ini adalah perampasan ayan dan hewan ternak oleh orang-orang kaya merupakan petanda kehancuran sebuah desa, sebabpadasaat itu, orang kaya telah menganiayaorang lemah.(Hasan)


Bintik-bintik pada wajah
B

intik-bintik pada wajah adalah suatu hal yang menyebabkan wanita menjadi gelisah, khawatir dan cemas padaa kecantikannya.  Bintik-bintik ini muncul pada musim panas, dimana temperatur udara bertambah panas.
Warna bintik-bintik ini , akan berbeda beda sesuai dengan  perbedaan warna kulit. Bagi ynag berkulit putih bintiknya berwarna cokelat pucat dan yang berkulit cokelat bintiknya berwarna cokelat delap kehitam-hitaman.
Pada umumnya bintik-bintik ini tampak di kedua pipi, hidung dan ening. Kadang-kadang di bibiratau kelopak mata, tetapi tidak disertai dengan gejala-gejala apapu juga. Misalkan gatal-gatal atau kemerah merahan, semakin sering terkena sinar matahari , maka warnanya pun akan semakin bertambah.
Sebab muncul bntik-bintik  tersebut kerena aktivitas berlebihan dari sebagian sel-sel kulit berwarna yang memproduksi sebagian besar zat melanin , yaitu zat yang memberi warna hitam pada kulit dan rambut. Tapi faktor yang terpenting sebaba munculnya bintik-bintik itu adalah :
Ø  Alat-alat kosmetik, alat-alat koemetik sebagian besar mengandung zat-zat yang bisa mengakibatkan infeksi kulit ketika langsung berhadapan dengan sinar matahari
Ø  Wanita yang sering mengonkumsi obat-obat pencegah kehamilan
Ø  Obat-obatan, sebagian besar obat-obatan  bisa mengakibatkan bertambahnya bintik-bintik
Ø  Kondisi kesehatan dan kejiwaan. Ketika telalu sering bekerja keras, kurang tidur, dan bargadang, akan muncul bintik-bintik di kelopak mata
Pencegahan dan Pengobatan
*      Para wanita yang mengalami bintik-binitk, ia harus mengurangi terkena langsung dengan cahaya matahari untuk waktu yang lama
*      Tidur dan istirahat yang cukup serta menghindai  bergadabg waktu yang lama
*      Berhenti memakai alat-alat kosmetik yang menyebabkam kulit menjadi sensetif dengan cahaya matahari
*      Bagi wanita yang mengkonsumsi obat-obat pencegah kehamilan dan telah menyebabkan bintik-bintik muncul, maka hendanya memekai alternatif lain untuk mencegah kehamilan.(Miftah)


Mahalnya harga sehat

B
enar kata orang bahwa “ sehat itu sangat mahal  harganya”  sehat itu tak bisa dinilai dengan rupiah. Berapa pun banyaknya harta yangkita miliki, agaknya tak dapat menggantikan nikmat sehat.
Sehat itu menjadi hal yang sangat penting dalam kehidupan kita. Bagaimanapun banyaknya aktivitas yang menumpuk maka aknan terselesaikan jika kita sehat, tapi bagaimanapun ringannya aktivitas tapi kondisi badan nggak sehat, maka akan terasa berat menyelesaikannya. Jangan heran, pulihan juta bahkan ratusan juta bisa melayang demi membayar sebuah nilai sehat .
Mahalnya sebuah kesehatan  itu tak dapat kita lihat dengan banyaknya orang kaya yang berobat keluar negeri,meski tarif pengobatannya selangit, mereka tidak peduli. Dalam kondisi binggung dan panik, orang berobat tak lagi memekirkan soal rupiah yang akn dikeluarkan, yang ada hanya bagaimana caranya bisa sembuh.
Tidak heran banyakorang  menilai bahwa apalah artinya banyak uang, jika tida bisa menikmati mahalnya sebuah kesehatan, apaplah artinya gelimang harta dan kemewahan, sementara kita hanya bisa memendangi tanpa bisa memamfaatkannya lantaran kita sakit.
Tak saalah bila kita dalam pengajian domanapun berada, khatif dan ustadz dan da’i selalu mewanti-wanti agar kita selalu bersyukur terhadap nikmat yang Allah berikan kepada kita, maka selagi sehat, kita mamfaatkan nikmat sehat itu untuk jalan yang diridhai Allah swt.
Dengan mata, kita bukan saja bisa melihat sesuatu ynag baik dan menjauhkan diri dari hal-hal yang berbau dosa, tetapi juga tidak tutup mata saat melihat banyaknya orang ynag kelaparan kerena kemiskinan. Dengan tangan , bukan saja digunakan untuk memekirkan untuk belajar, mengkaji Al quran , tetapi juga  ringan tangan mengulurkan bantuan kepada siapapunyang membutuhkan bantuan.
 Demikian pula dengan kaki, punggung dan kepala, bukan saja dipergunakan  untuk hal-hal yang sifatnya ibadah yang sanagt personal, melainkan juga untuk kemaslahatan umat yang jauh lebih besar, otak bukan saja digunakan  untuk memkirkan bagaimana memutar usaha pribadi,  tetapi bagaimana gagasan dan sumbangsih kita bisa berarti bagi orang banyak.
Sykurilah nikmat sehat, kerena orang yang pandai bersykur disukai Allah, dan orang yang mengingkarinya mendapat azab yang pedih.(Idim)


Teman-teman syetan

1.     Pemimpin yang dzalim
2.     Pengusaha atau pedagang yang melakukan usahanya dengan menipu
3.     Orang kaya yang bangga dengan kekayaannya dan menolak keras untuk mendermakan hartanya kepada orang miskin
4.     orang yang mengunjing( ghibah),
5.     menbunuh orang lain dengan alasan selain Allah
6.     rang yang merampas atau memakan hartaa nak yatim
7.     Orang mukmin yang meminum khamar
8.     Rentenir
9.     Orang yang lebih mementingkan kehidupan dunia dari pada kehidupan akherat
10.  Tinggi angan-angan dan menuda-nunda dalam memohon ampunan kepada Allah
11.  Orang yang menolong wanita untuk meningkatkan kesenangan mereka dalam menjalankan sihir kepada orang orang


 

Pendidikan

P
endidikan formal memang sangat penting bahkan dijadikan persyaratan untuk penerimaan pegawai negeri, aggota DPR, DPD, dan berbgai posisi, baik di pemerintahan maupun peru-sahaan.
Pendidikan formal memang penting , namun kami mau mengatakan bahwa itu bukan faktor muthlak. Masih ada berbagai bidang keehidupan, dimana hal lain lebih diutamakan sebagai pertimbangan , beberapa yamg akan diberikan kepada orang tersebut, bukan kerena gelarnya tapi kerena karnyanya. Misal, seorang salesman diberi komisi berdasarkan berapa banyak hasil penjualannya, walaupu ia lulusan SMA jika mampu menjual lebih banyak dari mereka yang sarjana, si SMA tersebut tetap akan lebih cepat naik kareirnya dan lebih banyak dapat komisi.Tentu saja, saudara yang bukan seoramng master atau doktor janganmelamar dam berkarier sebagi dosen, tetapi dalam kehidupan ini ada ribuan peluang dan ribuan jenis pekerjaan. Dimana pendidikan formal tidak akan menjadi batas.
Pendidikan bukan batas untuk untuk sukses, meraih prestasi tertinggi, bahkan bukan halanagan untuk sesorang mendapat jodoh dan menikah, kecuali orang  itu sendiri yang berfkir demikian.
Liem Swie Liong, atau Sudono Salim, berusia 22 tahun merantau ke Indonesia, tidak memliki gelar pendidikan formal. Sekarang semua orang tahu, dialah boss, pemilik BCA Group, perusahaan investasi di Hongkong, Singapura dan China, beliau sudah menjadi salah satu orang terkaya di Asia.
Presiden Habibie memang profesor yang sangat pandai, Susilo Bambang Yudhoyono lulusan terbaik TNI dan mengambil doktor di IPB dan Soekarno adalah insinyur yang pada zaman itu masih langka. Namun Soeharto bukan sarjana dan Megawati tidak pernah lulus kuliah. Namun mereka meraih prestasi tertinggi dan pernha menjadi orang nomor satu di indonesia, mereka adalah orang yang berifikir , bahwa mereka adalah orang yang berfikir, bahwa penddikan formal bukanlah halangan untuk sukses.
Jika halangan tiu masih ada difikiranmu, mak buanglah, robek dan patahkan itu, selain kecerdasan intellectual  masih ada lagi  Kinesthetic Intelligent kemampuan seseoranf menggerakkan tubuhnya dengan kuat dan tepat. Sehingga ia bisa berkarya dengan kekuatan tubuhnya.(Haris)

Waktu boleh berlalu,
Tapi ingat..... setiap peluang dan kesempatan
 aku selalu memamfaatkannya(idim)

 





Tafakkur


Renungan: Bagimu apa yang telah kamu usahakan
Itu adalah umat yang lalu; baginya apa yang telah diusahakannya dan bagimu
apa yang sudah kamu usahakan, dan kamu tidak akan diminta pertanggungan
jawab tentang apa yang telah mereka kerjakan. (QS. Al Baqarah:134)
Mungkin orang tua kita hebat, mungkin pendahulu kita hebat, tetapi yeng lebih
penting ialah sehebat apa diri kita. Mungkin kita bisa menikmati apa yang sudah
diperoleh oleh para pendahulu kita, tetapi jika kita hanya menikmati dan
membangga-banggakan hasil pendahulu kita, itu tidak ada artinya, karena yang
hebat bukan diri kita, tetapi pendahulu kita.
Kita tidak akan mendapatkan apa-apa atas yang dilakukan oleh pendahulu kita.
Pahala mereka bagi mereka, kita tidak akan kebagian kecuali kita memanfaatkan
apa yang telah diperoleh oleh pendahulu kita untuk tujuan yang baik. Kita boleh
memanfaatkan yang sudah ada sebagai pijakan perjuangan selanjutnya. Islam
menginginkan perbaikan secara terus menerus. Kita tidak bisa mengandalkan
pada apa yang sudah dicapai oleh pendahulu kita.
Atau, jika pun pendahulu kita tidak baik. Itu bukan alasan kita untuk mengikuti
jejak mereka. Apa yang mereka lakukan untuk mereka. Sekarang tinggal apa
yang akan kita lakukan dan untuk diri kita sendiri. Kita tidak akan diminta
pertanggung jawaban atas apa yang diperlakukan oleh mereka. Jadi apapun
yang dilakukan oleh pendahulu kita, baik atau buruk, kita harus tetap bertindak
untuk diri kita.

KENAPA PENGEN KAYA.??

           

Hmm, ini masih pertanyaan enteng. Banyak alasan kenapa kita pengin jadi orang kaya. Ini beberapa alasannya:
1. Supaya bisa beli apa yang kita mau
Ini kayaknya berada di urutan pertama. Kalo jadi orang kaya, apa saja bisa kita beli. Makan enggak susah, tinggal pilih mana saja: minum cappucino di Starbucks, makan donat di J.Co, atau kalau perlu makan spaghetti langsung ke negara asalnya, Italia.
Beli baju tinggal jalan ke butik atau galeri top dunia: Donna Karan, Marks & Spencer, atau perancang beken asal negeri sendiri seperti Ramli, Iwan Tirta, atau Anne Rufaidah. Tinggal pilih dan beli.
2. Bisa jalan-jalan ke mancanegara
Banyak duit? Kalo lagi bete, kita bisa jalan-jalan ke Bali lihat sunset di Kuta atau Sanur. Terus, mampir deh ke pantai Lombok sambil mendengarkan lagu Welcome to My Paradise-nya steven and The Coconut Trees.
3. Biar orang hormat kepada kita
Banyak duit ternyata juga mengubah status sosial, bro. Orang enggak bakal memandang sebelah mata kepada mereka yang the have. Malah, mereka bakal antre untuk kenalan, jabat tangan, dan pengin rumahnya disingghahi.
4. Biar diburu banyak cewek
“kalo sudah kaya, bukan kita yang menguber-nguber cewek, tapi cewek yang menguber kita.” Ini bukan kutipan dari mata kuliah Filsafat, tapi obrolan sepasang cowok yang saya dengar di angkutan umum. Heh kayaknya banyak cowok yang punya pikiran seperti itu, bahwa cewek itu rata-rata matre. Ingin punya cowok yang banyak duit. Benar atau enggaknya, wallahu ‘alam. (Hasan)




PROFIL SANG IDOLA


BIODATA RASULULLAH SAW
 





·         Nama : Muhammad bin Abdullah bin Abdul Muttalib bin Hashim.
·         Tarikh lahir : Subuh hari Isnin, 12 Rabiulawal bersamaan  20 April 571 Masehi (dikenali sebagai   Tahun Gajah; sempena peristiwa tentera bergajah Abrahah yang menyerang kota Kaabah).
·         Tempat lahir : Di rumah Abu Talib, Makkah Al-Mukarramah.
·         Nama bapa : Abdullah bin Abdul Muttalib bin Hashim.
·         Nama ibu : Aminah binti Wahab bin Abdul Manaf.
·         Pengasuh pertama : Barakah Al-Habsyiyyah (digelar Ummu Aiman. Hamba perempuan bapa   Rasulullah SAW).
·         Ibu susu pertama : Thuwaibah (hamba perempuan Abu Lahab).
·         Ibu susu kedua : Halimah binti Abu Zuaib As-Saadiah (lebih dikenali Halimah As-Saadiah. 
Suaminya bernama Abu Kabsyah).
USIA 5 TAHUN
Peristiwa pembelahan dada Rasulullah SAW yang dilakukan oleh dua malaikat untuk mengeluarkan bahagian syaitan yang wujud di dalam hatinya.
USIA 6 TAHUN
Ibunya Aminah binti Wahab ditimpa sakit dan meninggal dunia di Al-Abwa ' (sebuah kampung yang terletak di antara Makkah dan Madinah). Baginda dipelihara oleh Ummu Aiman (hamba perempuan bapa Rasulullah SAW) dan dibiayai oleh datuknya Abdul Muttalib.
USIA 8 TAHUN
Datuknya, Abdul Muttalib pula meninggal dunia. Baginda dipelihara pula oleh bapa saudaranya, Abu Talib.
USIA 9 TAHUN  (Setengah riwayat mengatakan pada usia 12 tahun).
Bersama bapa saudaranya, Abu Talib bermusafir ke Syam atas urusan perniagaan.  · Di kota Busra, negeri Syam, seorang pendita Nasrani bernama Bahira (Buhaira) telah bertemu ketua-ketua rombongan untuk menceritakan tentang pengutusan seorang nabi di kalangan bangsa Arab yang akan lahir pada masa itu.
USIA 20 TAHUN
Terlibat dalam peperangan Fijar . Ibnu Hisyam di dalam kitab ' Sirah ' , jilid1, halaman 184-187 menyatakan pada ketika itu usia Muhammad SAW ialah 14 atau 15 tahun. Baginda menyertai peperangan itu beberapa hari dan berperanan mengumpulkan anak-anak panah sahaja.  Menyaksikan ' perjanjian Al-Fudhul ' ; perjanjian damai untuk memberi pertolongan kepada orang yang dizalimi di Makkah.
USIA 25 TAHUN
Bermusafir kali kedua ke Syam atas urusan perniagaan barangan Khadijah binti Khuwailid Al-Asadiyah.  Perjalanan ke Syam ditemani oleh Maisarah; lelaki suruhan Khadijah.  Baginda SAW bersama-sama Abu Talib dan beberapa orang bapa saudaranya yang lain pergi berjumpa Amru bin Asad (bapa saudara Khadijah) untuk meminang Khadijah yang berusia 40 tahun ketika itu.  Mas kahwin baginda kepada Khadijah adalah sebanyak 500 dirham.
USIA 35 TAHUN
Banjir besar melanda Makkah dan meruntuhkan dinding Kaabah. Pembinaan semula Kaabah dilakukan oleh pembesar-pembesar dan penduduk Makkah.  Rasulullah SAW diberi kemuliaan untuk meletakkan ' Hajarul-Aswad ' ke tempat asal dan sekaligus meredakan pertelingkahan berhubung perletakan batu tersebut
USIA 40 TAHUN
Menerima wahyu di gua Hira ' sebagai perlantikan menjadi Nabi dan Rasul akhir zaman.
USIA 53 TAHUN
Berhijrah ke Madinah Al-Munawwarah dengan ditemani oleh Saidina Abu Bakar Al-Siddiq.   Sampai ke Madinah pada tanggal 12 Rabiulawal/ 24 September 622M.
USIA 63 TAHUN
Kewafatan Rasulullah SAW di Madinah Al-Munawwarah pada hari Isnin, 12 Rabiulawal tahun 11Hijrah/ 8 Jun 632 Masihi.
ISTERI-ISTERI RASULULLAH SAW
·         Khadijah Binti Khuwailid.
·         Saudah Binti Zam'ah.
·         Aisyah Binti Abu Bakar (anak Saidina Abu Bakar).
·         Hafsah binti ' Umar (anak Saidina ' Umar bin Al-Khattab).
·         Ummi Habibah Binti Abu Sufyan.
·         Hindun Binti Umaiyah (digelar Ummi Salamah).
·         Zainab Binti Jahsy.
·         Maimunah Binti Harith.
·         Safiyah Binti Huyai bin Akhtab.
·         Zainab Binti Khuzaimah (digelar ' Ummu Al-Masakin ' ; Ibu Orang Miskin).
ANAK-ANAK RASULULLAH SAW
1.      Qasim
2.      Abdullah
3.      Ibrahim
4.      Zainab
5.      Ruqaiyah
6.      Ummi Kalthum
7.      Fatimah Al-Zahra '
ANAK TIRI RASULULLAH SAW
Halah bin Hind bin Habbasy bin Zurarah al-Tamimi (anak kepada Saidatina Khadijah bersama Hind bin Habbasy. Ketika berkahwin dengan Rasulullah, Khadijah adalah seorang janda).
SAUDARA SESUSU RASULULLAH SAW
IBU SUSUAN/SAUDARA SUSUAN
1.      Thuwaibah
2.      Hamzah
3.      Abu Salamah Abdullah bin Abdul Asad
SAUDARA SUSUAN
1.      Halimah Al-Saidiyyah
2.      Abu Sufyan bin Harith bin Abdul Mutallib
3.      Abdullah bin Harith bin Abdul ' Uzza
4.      Syaima ' binti Harith bin Abdul ' Uzza
5.      ' Aisyah binti Harith bin abdul ' Uzza

من عرف قدر الأخرة فقد منه التعب (محمد حريص زبيد الله)
“Barangsiapa mengetahui kadar (pahala) akhirat,
Niscaya hilanglah darinya rasa lelah,”(Haris)

 




CERPEN
Ketika Anakku Bertanya "Bu, Siapa sih Marlyn Monroe ?"


Aisyah, anakku yang berusia 7 tahun mengalihkan pandangannya pada jadwal pertandingan sepakbola di sebuah Koran. Tapi tiba-tiba saja ia bertanya, "Bu, siapa sih Marilyn Monroe itu?"
"Oooh... itu bintang film Amerika yang terkenal," jawabku sekenanya.
Aku mengira jawaban itu sudah cukup untuk pertanyaan Aisyah. Tapi ternyata tidak. Ia melanjutkan jawabanku itu dengan pertanyaan lain yang membuatku cukup repot menjawabnya.
"Kalau bom seks itu maksudnya apa?" begitu tanya Aisyah. Terus terang aku terkejut dengan pertanyaan itu. Aku diam sejenak, lalu mengatakan, "Itu wanita yang memamerkan kecantikannya. Mereka mengira dengan begitu akan bisa terkenal, disanjung, dan mendapatkan uang dengan cepat," kataku hati-hati.
"Wahh... pasti para ratu kecantikan itu cantik sekali wajahnya ya Bu" katanya polos.
"Ya... katanya sih memang begitu," kataku apa adanya. Lagi-lagi kukira dialog kami akan selesai di sini, tapi ternyata tidak. Aisyah, putriku yang baru duduk di kelas 2 SD itu memang kritis. Ia pun melontarkan pertanyaan lagi yang menjadikanku lebih serius menanggapi pertanyaannya.
"Kok ibu bilangnya pakai "katanya', memangnya Marilyn Monroe sekarang sudah tua atau sudah tidak cantik lagi?"
"Bukan begitu, dia sekarang sudah meninggal... bunuh diri..." begitu jawabku. Kupikir aku memang harus bisa menjelaskan masalah ini dengan baik kepada putriku. Setelah perkataanku itu, Aisyah meletakkan koran yang ada di tangannya dan mendekatiku sambil mengatakan, "Kenapa bu? Kan tadi ibu bilang ia orangnya cantik, kaya, terkenal. Kenapa dia bunuh diri?"
Aku mencoba menenangkan diri dan menjawab pertanyaannya perlahan. "Yah, ia memang cantik, terkenal dan kaya. Tapi itu semua sama sekali tidak membuatnya bahagia," kataku sambil menarik nafas. Kali ini aku sudah menduga kalau jawabanku itu akan memancing pertanyaannya lagi. Justru sekarang aku yang ingin agar dia kritis terhadap jawabanku tadi. Aku pun bersiap mendengarkan pertanyaan berikutnya.
"Bagaimana mungkin bu, orang cantik, terkenal, kaya, tapi tidak bahagia?" katanya. Pertanyaan itu yang memang kutunggu.
Aku menjawab, "Ya, karena hatinya kelaparan dan mentalnya
kering."
"Apa bu, hatinya kelaparan? Maksudnya bagaimana sih?" tanyanya makin penasaran.
Aku terdiam sejenak, berfikir untuk bisa menjelaskan masalah ini dengan tepat.
"Puteriku, manusia itu seperti yang diajarkan oleh agama kita terdiri dari tubuh, pikiran dan hati. Agar seseorang bias hidup seimbang, bahagia, dan sehat, maka semuanya itu harus diberi makanan. Makanan tubuh kita itu adalah nasi, buah atau minuman. Pikiran kita makanannya adalah ilmu pengetahuan seperti yang engkau pelajari di sekolah. Sedangkan hati,makanannya adalah iman kepada Allah. Iman kepada adanya Allah, iman dengan takdir-Nya, kasih sayang-Nya, kekuasaan-Nya dan iman kepada hari akhirat. Sepanjang apapun seseorang hidup, pasti akhirnya akan kembali kepada Allah swt. Kita akan berhadapan dengan Allah dan mempertanggung jawabkan segala perbuatan kita di hadapan Allah... Saat itu, balasan yang kita terima hanya satu dari dua, surga atau neraka. Dan Allah tak mungkin tidak adil terhadap hamba-Nya ..." Anakku tampak serius sekali memperhatikan uraian tadi. Ia pun terdiam, sepertinya berpikir. "Apakah Marilyn Monroe tidak mengetahui hal itu sehingga ia bunuh diri?" katanya.
"Tidak tahu juga ya. Tapi umumnya orang yang bunuh diri itu adalah karena putus asa dan kekecewaan yang sangat berat. Putus asa seperti itu tidak dialami oleh seorang yang beriman. Dalam surat Yusuf Allah swt berfirman, "Tidaklah orang yang putus asa kepada rahmat Allah itu kecuali
orang-orang yang kafir..." Meskipun ia mengalami kesulitan, penderitaan dan berbagai kesusahan, tapi orang beriman tetap percaya pada kasih sayang Allah swt. Ia bisa melakukan sholat, berdo'a, berdzikir, membaca al-Qur`an yang menjadikan hatinya terang dan jiwanya segar kembali. Karena itulah orang-orang beriman saja yang bisa hidup bahagia ...." (Haris)


CURHAT
Haruskah Kita Bercerai?

S
EGP.!!!
aat aku dilamar suamiku, aku merasa bahwa akulah wanita yang paling beruntung di muka bumi ini. Bayangkan dari sekian juta wanita di dunia ini, aku yang dia pilih untuk jadi isterinya. Kalau aku persempit, dari sekian banyak wanita di negara ini, di propinsi ini, di kota ini, di rumah ibuku yang anak perempuannya 3, aku yang paling bungsu yang dipilih untuk jadi isterinya! Aku tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan itu. Aku berusaha keras menjadi isteri yang baik, patuh pada suami, menjaga kehormatanku sebagai isterinya, menjadi ibu yang baik, membesarkan anak-anakku menjadi sholih dan sholihah. Aku memanfaatkan pernikahanku sebagai ladang amalku, sebagai tiket ke surga. Walaupun begitu... hidup seperti halnya makanan penuh dengan bumbu. Ada bumbu yang manis, yang pahit, yang pedas, dan lain-lain. Aku juga menghadapi yang namanya ketidakcocokan atau selisih paham dengan suamiku, baik itu tidak sepaham, kurang sepaham, agak sepaham, hampir sepaham, atau apapunlah itu. Tapi aku tahu apa yang harus aku lakukan. Aku mencoba berpikiran terbuka, mengakui kebenaran bila suamiku memang benar dan mengakui kesalahan bila aku memang salah. Aku mencoba bertutur kata lembut menegur kesalahan suamiku dan membantunya memperbaikinya agar ia merubah sikapnya. It's all about compromising. Namun apalah daya... pada akhirnya, terucap pula kata itu dari bibir suamiku "kita cerai saja!" hanya karena sebuah masalah kecil yang tanpa sengaja menjadi besar. Saat itu seperti kudengar suara petir menggelegar di kepalaku. Arsy pun berguncang untuk ke sekian kalinya. Dan hatiku hancur berkeping-keping. Aku menjadi wanita paling pilu sedunia. Tak ada yang kupikirkan selain... yah kita memang harus berpisah!
Kuingat kembali pertengkaran-pertengkaran kami sebelumnya... Kita memang sudah nggak cocok!
Kupikirkan kesalahan-kesalahan apa yang telah aku lakukan namun lebih sering mengingat kesalahankesalaha suamiku.
Aku menangis sejadi-jadinya hingga dadaku sesak dan airmataku kering. Hari itu menjadi hari paling menyedihkan dalam hidupku. Tak kulihat suamiku di sampingku keesokan paginya. Entah kemana ia. Tanpa sadar aku, layaknya aktris berakting di sinetron-sinetron, memandangi foto-foto kami dulu dengan berlinang airmata. Ngiris hati ini.
Andai saja ada lagu ‘Goodbye’ dari Air Supply yang mengiringiku, tentu semuanya menjadi scene yang sempurna.
Sekilas kenangan lama bermunculan di benakku. Aku teringat pertama kali aku bertemu suamiku, teringat apa yang aku rasakan saat ia melamarku. Aku tersenyum kecil hingga akhirnya tertawa saat mengingat malam pertamaku. Ha ha ha.
Anak-anakku datang saat melihat ibu mereka ini tertawa, memelukku tanpa tahu apa yang sedang terjadi. Mereka masih kecil-kecil. Kupandangi mereka satu per satu.... Mereka mirip ayahnya. Aku jadi teringat saat pertama kali kukatakan padanya bahwa ia akan menjadi ayah. Hhmmm...
Ku lalui hari-hari penuh kekhawatiran bersamanya, menunggu kelahiran buah cinta kami. Dengan penuh kasih sayang, suamiku memegang tanganku, mencoba menenangkanku saat sang khalifah baru lahir, walaupun kutahu ia hampir saja pingsan. Keningku diciumnya saat semuanya berakhir walaupun wajahku penuh keringat saat itu. Saat kubuka mataku, di sampingku ia duduk menggendong bayi mungil itu. Bersamanya, kubeli tiket ke surga...
"Mi, abi mana?" suara anakku mengejutkan lamunanku. Tak sanggup aku menjawabnya. Hampir saja aku menangis lagi.
Tiba-tiba kulihat sesosok bayangan dari balik dinding. Suamiku datang. Rupanya tadi malam ia tidur di teras. Ia melihatku bersama anak-anakku. Mereka berhamburan menyambut ayahnya, memeluk lututnya karena mereka belum cukup tinggi menggapai bahu ayahnya itu. Ia membawakan makanan untuk mereka. Saat anak-anak sibuk dengan makanan itu, ia menghampiriku. Aku mencoba untuk biasa dan kuajak ia melihat foto-foto lama kami. Bernostalgia. Aku tertawa bersamanya. Mengingat yang telah lewat. Sesekali ia memandangku lembut. Aku tahu ia sedang berfikir. Namun aku khawatir ia sedang meyakinkan hatinya untuk benar-benar menceraikan aku dan mengatur kata-kata agar aku dapat menerima keputusannya. Saat ia diam dan memandangku dalam-dalam, kukatakan padanya bahwa aku merindukannya sejak tadi malam. Ia tersenyum dan mengatakan bahwa ia pun merasakan hal yang sama. Hatiku lega. Kututup album foto itu dan kukatakan padanya bahwa selain dari semua kekuranganku tentu ada kelebihanku, selain dari semua yang tidak disukainya tentu ada yang disukainya, selain dari semua ketidakcocokan kita tentu ada bagian yang cocok. "Bila tidak, apa alasan Abang mau menikahi Dinda dulu?
Dan bagaimana mungkin kita bisa bertahan selama ini?"
Ia mencium keningku. Kurasakan air mata mengalir hangat di pipiku. Tapi bukan air mataku...
"Allah memang hanya menciptakan Dinda buat Abang... Maafin Abang ya..."Kuusap air mata dari pipinya dan ia membaringkan kepalanya di pangkuanku...
"Maafin Dinda juga ya, Bang..."
Entah apa yang membuatnya berubah pikiran. Aku tak ingin menanyakannya. Hanya dengan berada di sisiku pagi itu, aku rasa aku tahu jawabannya...
Pernikahan itu bisa berumur panjang bila ada usaha untuk memanjangkannya dan bisa berumur pendek bila tidak ada yang mau berfikir panjang.
(Untuk pangeranku, aku ingin beranjak tua bersamamu... atas izin Allah.)
Ya Allah berilah hamba petunjuk untuk tetap di jalanMu, serta kemudahan untuk mendapat berkahmu...
Amin.
(Subhan ibn Abdullah –* Hasan Basri M)


Alhamdulillah vs Allahu Akbar

Kalo kamu udah menemukan kriteria utama yang akan melanggengkan pernikahanmu kelak, maka tetapkanlah hatimu untuk segera mengkhitbahmu, dan jika kamu juga udah berketetapan hati intuk mengkhitbahnya, maka lakukanlah sesegera mungkin, kerena salah satu ciri wanita shalehah itu adalah tidak suka dilirik-lirik, kalau akhi serius mencintai saya, maka temui ortu saya. Saya tunggu silaturrahimnya. Oke.....
Dan kamu sebagai laki-laki jika benar-benar mencintainya, maka temui ortu si wanita tadi, jangan Cuma berani ngomong doank.,,,,,, pinanglah???????
Memang meminang itu perlu keberanian, kalau kamu ngak berani, kapan kamu nikahnya..... dan keberanian itu nggak akan muncul kecuali diberengi dengan kesiapan...betulllll????
Hanya ada dua kalimat yang kamu siapkan ketika kamu hendak meminagnya, yaitu ucapan alhamdulillah  ketika pinangan kamu diterima dan ucapkan allahuakbar ketika pinangan kamu ditolak. Dan lamaran kamu yang ditolak berarti dia bukan jodohmu, Allah punya rencana yang lebih baikdari rencana kita.
Kawan... jangan bersedih, kita boleh berencana dan Allah lah yang memutuskan, jika Allah memutuskan dia bukan jodohmu, maka itu adalah keputusan yang terbaik bagimu.. (Idim)

Bagi teman-teman yang pengen mengirimkan karyanya, baik berupa artikel, cerpen, puisi, dan lain-lain.
Silahkan hubungi :
Mas Haris
(0852 4940 0518)


Bagi sahabat Jen-Is yang ingin memasang iklan silahkan menghubungi tim redaksi Jen-Is


Kirimkan saran, kritik dan masukan Buat kemajuan jenis melalui
Via sms, ketik, JenIs (spasi) nama (spasi) nama sekolah/fakultas (spasi) saran, kritik dan masukannya.
Kirim ke
0853 9063 5848
(MAS Hasan)
Bagi sahabat JenIs yang mau
Sharing atau Curhat
Bersama:
Ust. Nasrullah, Lc, M.H.I
Silahkan kirimkan
Short Message Sending (SMS)ke:
MAS Idim
(0857 8749 6676)
Dan jawabannya akan dimuat
Pada edisi JenIs mendatang
 


Hymne STIQ
Cipt. SEMA STIQ 2011-2012
Intro
Inilah Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran
Berbekal motivasi,
semangat yang tinggi
Tuk menggapai cita suci

Reff
            Ya Allah, kabulkanlah tekad kami
            Untuk membangun bangsa dan agama
            Ya Allah, mudahkanlah jalan kami
            Hingga sampai akhir hayat kami

Inilah Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran
Berpegang kitab suci
Dan petunjuk Nabi
Mengharap ridho sang Ilahi

Back to reff.

Nada dasar: G#m
Tempo : 80
Instrumenter :

Muh. Haris Zubadillah



Siti Olfah, S.pd.I
Wakil Ketua PD Persaudaraan Muslimah ( SALIMAH ) HSU
“Baarakallah atas terbitnya “Jen-Is”, semoga terus mampu memberikan inspirasi buat ummat. Bravo buat Tim Redaksi ^,,^.”
Rahmawati, A.Md. PUSTAKAWAN
Alumnus IAIN Antasari Banjarmasin Fakultas Tarbiyah Jurusan D3 IPII ( Ilmu Perpustakaan dan Imformasi Islam
“ Dengan hadirnya JeNis mudah-mudahan kita semua mendapatkan info-info terbaru dan senantiasa terjalinnya silaturrahim.”

Irhamina,
Siswi XI IPS B MAN 5 Amuntai.
“Bismillahirrahmanirrahim. Karyanya bagus-bagus dan indah-indah. Tetap semangat, jangan menyerah dan terus terbit karya-karya terbaik. Semoga karyanya bisa berguna dan bermanfa’at. Amiin.”

Rahimah Nissa Ar-Rahim (Fb)
Bendahara OSIS MAN 5 Amuntai
“Alhamdulillah atas terbitnya JenIs, semoga kita bisa melaksanakanya dan selalu mendapatkan ridha Allah SWT. Amiin.”
Shalehah Leha
Wakil Ketua OSIS MAN 5 Amuntai
“Karyanya sangat bagus, semoga dengan membaca karya anda ini, saya dapat mempraktekannya dalam kehidupan sehari-hari, serta bermanfaat didunia dan akhirat.”

 

1 komentar: